Kaban Penghubung Jalin Komunikasi Dengan DPR RI Asal Riau

Jakarta – Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau Erisman Yahya mengunjungi dan menjalin komunikasi dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) asal Riau. Pertemuan dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi VIII Gedung DPR RI, Rabu (22/1/2020).

Hadir dalam pertemuan tersebut, Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat Achmad, Jon Erizal dari Fraksi PAN, Efendi Sianipar dari Fraksi PDIP dan Abdul Wahid dari Fraksi PKB.

Legislator asal Riau itu siap membuka diri menjalin komunisi dengan Provinsi Riau untuk memperjuang aspirasi rakyat di pusat karena itu merupakan salah satu tugas dan fungsinya.

“Bagaimana pun kita ini adalah Wakil Rakyat Riau di Pusat, kami siap untuk menerima aspirasi masyarakat Riau di Pusat, yang penting kita terus menjalin komunikasi,” kata Achmad Anggota DPR RI Dapil I Riau itu saat membuka pertemuan itu.

Anggota Dewan asal Riau tersebut juga meminta Provinsi Riau untuk mempersiapkan data yang valid dan tidak cukup dengan lisan saja.

“Kami siap untuk meperjuangkan aspirasi masyarakat Riau di pusat ini. Tetapi OPD juga harus mempersiapkan data pendukung yang valid,” Kata Achmad.

Politisi Demokrat itu juga mengingatkan kepada seluruh OPD Provinsi Riau maupun Kabupaten Kota untuk menghilangkan imej kalau berurusan dengan Dewan selalu pakai duit.

“Hilangkan imej kalau berurusan dengan DPR itu pakai duit, itu tidak benar. Makanya selama ini OPD itu jalan sendiri karena selalu berpikir seperti itu. Sekarang marilah kita bersama memajukan Riau, kami siap untuk memfasilitasi dengan Kementerian terkait. Misalnya masalah DBH Sawit, nanti kita cari anggota yang mitranya dengan itu baru kita fasilitasi bertemu dengan Kementerian terkait tersebut, namun harus juga dilengkapi dengan data,” ungkap mantan Bupati Rohul itu.

Hal senada juga disampaikan oleh Abdul Wahid dari Fraksi PKB. Ia juga meminta Pemprov Riau untuk mempersiapkan data yang akan diperjuangkan di pusat. “Usulan dari Pemprov maupun Kabupaten Kota itu harus ada datanya baik itu soft copy maupun hard copy,” pintanya.

Anggota DPR RI asal Riau itu juga meminta Badan Penghubung ini sebagai fasilitator Pemprov Riau di Pusat dan mempersiapkan ruangan untuk menerima usulan atau aspirasi dari daerah tersebut. Bukan hanya di Jakarta saja, ia juga meminta untuk mempersiapkan ruang untuk menampung aspirasi di Pemprov Riau.

“Badan Penghubung ini nanti sebagai fasilitator, jadi nanti kalau ada aspirasi daerah nanti diterima Badan Penghubung dan Penghubung sampaikan ke kita lengkap dengan data-datanya,” kata Efendi Sianiar dari Fraksi PDIP.

Selain itu, Jon Erizal mengapresiasi kedatangan Badan Penghubung untuk menjalin komunikasi seperti ini. “Ini menarik ya, dulu kelemahan kita adalah komunikasi. Saya berharap Badan Penghubung menjalin komunikasi kepada OPD untuk mempersiapkan data yang akan diusulkan. Kita ingin Riau lebih maju, kita tidak akan pernah maksimal kerja kalau sendiri-sendiri,” ucapnya.

Mendengar hal tersebut, Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau Erisman akan melaporkan kepada Gubernur pertemuan ini. Ia juga akan mempersiapkan ruangan di Badan Penghubung untuk dijadikan tempat pertemuan Dewan.

“Kami akan persiapkan ruangan di Badan Penghubung. Pertemuan ini juga nanti akan kami laporkan kepada pimpinan,” katanya.

Close Menu